Wednesday, February 13, 2013

JOKOWI PILIH MONORAIL TERBARU BUATAN DALAM NEGERI

Monorail Dalam Negeri Pilihan Utama JokowiJOKOWI PILIH MONORAIL TERBARU BUATAN DALAM NEGERI. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengaku tertarik menggunakan monorel produksi dalam negeri. Ia pun secara khusus akan meminta PT Jakarta Monorail (JM) untuk memanfaatkan produksi dalam negeri tersebut. Lihat SBY PEGANG KENDALI PARTAI DEMOKRAT, ANAS SEGERA LENGSER.

"Sangat tertarik. Pokoknya semua produk dalam negeri sangat tertarik. Saya sudah menyampaikan kepada JM, kalau sudah, saya teken untuk dilanjutkan, ini kan belum diteken karena dokumen yang kita minta belum dilengkapi," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Rabu (13/2/2013).

Sebelumnya, Jokowi berjanji akan segera menyetujui megaproyek monorel setelah PT JM melengkapi dokumen utang piutang dan tentang investor baru yang menggantikan PT Adhi Karya.
"Sudah tiga bulan belum komplet. Tapi, kalau sudah komplet, nanti saya arahkan untuk menggunakan produk dalam negeri, misalnya untuk signaling, gerbong misalnya. Enggak perlu komplet, tapi step by step," ujarnya.

Monorel yang akan menjadi moda transportasi perkotaan itu telah bisa dibuat di dalam negeri. Namun, untuk menguji ketahanan dan kualitas monorel, dibutuhkan trek untuk uji coba dan standar nasional. Untuk itu, pemerintah diminta segera menyiapkan semua keperluan tersebut.

Kusnan Nuryadi, Presiden Direktur PT Melu Bangun Wiweka (MBW), mengatakan, monorel yang dibuat di bengkelnya di kawasan Cibitung, Bekasi, memakai komponen lokal sebanyak 80 persen. Komponen yang masih impor adalah motor dan traksi.

Kapasitas monorel ini bisa sepanjang enam gerbong dan mengangkut 768 penumpang dengan konsumsi listrik 1.080 kilowatt. Biaya pembangunan monorel ini termasuk infrastruktur sebesar Rp 150 miliar per kilometer. Namun begitu, monorel ini masih perlu diujicobakan keandalannya. Untuk itu, dibutuhkan trek sepanjang dua kilometer dengan lintasan lurus sepanjang minimal 600 meter.

Monorail Dalam Negeri Prioritas Jokowi. Foto Monorail Buatan Indonesia 2013, Jakarta Monorail Kontrak Resmi Jokowi 2013.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...