Sunday, April 7, 2013

LONGSOR HEBAT, TUTUP JALUR KA JAKARTA-BANDUNG 2013

LONGSOR HEBAT, TUTUP JALUR KA JAKARTA-BANDUNG 2013. Longsor terjadi di jalur kereta antara Stasiun Padalarang-Cilame tepatnya di KM 156+4/5 sekitar pukul 14.25 WIB, Minggu (7/4/2013). Tebing di pinggir kiri rel longsor sepanjang 10 meter dengan ketinggian 15 meter, hingga menutup rel.
"Longsor tanah di kiri rel itu disebabkan curah hujan tinggi sejak kemarin. Panjang longsoran 10 meter dengan ketinggian 15 meter," ujar Kabag Humas PT KA Daop 2 Bambang S Prayitno. Lihat BAYERN MUNCHEN BERHASIL JUARAI BUNDES LIGA 2012/2013.

Dampak dari longsor ini, membuat akses jalur kereta api menuju Bandung terputus, hanya bisa sampai di Purwakarta. "KA Serayu dari Jakarta Kota ke Kroya kita alihkan lewat Utara, jadi tidak melintas Bandung. Dari Cikampek langsung ke Cirebon," tuturnya.

Selain itu, dipastikan enam perjalanan KA Parahyangan (PP), empat perjalanan Serayu (PP), dan dua perjalanan KA Harina (PP) kemungkinan besar batal. 

"Tim langsung menangani di lapangan, tapi kemungkinan besar tidak mungkin selesai malam ini. Jadi kami perkirakan perjalanan KA besok (8/4) akan terganggu juga," ujarnya.


KA Argo Parahyangan tidak dapat melanjutkan perjalanan ke Bandung sore ini. Diduga penyebabnya karena longsor di sekitar Purwakarta. 

Orien, penumpang KA Argo Parahyangan menceritakan, kereta yang ditumpanginya berangkat dari Stasiun Gambir pada pukul 15.35 WIB. Setibanya di Stasiun Purwakarta sekitar pukul 17.03 WIB, kereta tidak melanjutkan perjalanan.

"Berhentinya setengah jam, saya cari info ke petugas katanya ada longsor," kata Orien saat dihubungi detikcom, Minggu (7/4/2013).

Si petugas, lanjut Orien, menginformasikan kereta tidak dapat melaju karena sejumlah kereta dari arah Bandung ke Jakarta juga tak bisa melintas. 

Para penumpang melanjutkan perjalanan dengan bus yang disediakan PT KAI. Ada 4 bus ke Bandung, dan 1 bus ke Cimahi.

Penyebab Longsornya Jalur kereta Api Jakarta-Bandung 2013, Foto Kejadian Longsor Lajur KA Jakarta-Bandung Tertimbun 2013

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...