Monday, March 4, 2013

PROYEK DEEP TUNNEL JAKARTA BISA MENAMPUNG 30.000 RIBU MOBIL

Foto Konsep Proyek Deep Tunnel JakartaPROYEK DEEP TUNNEL JAKARTA BISA MENAMPUNG 30.000 RIBU MOBIL. Proyek deep tunnel atau terowongan raksasa yang akan dibangun pemerintah tak hanya dipakai untuk mengatasi banjir, tapi juga bisa dilewati kendaraan layaknya jalan tol. Lihat DAFTAR RINCIAN DAN KONSEP PEMBUATAN TEROWONGAN RAKSASA DKI JAKARTA.

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto (Djokir) bersama timnya tengah mengkaji pembangunan proyek ini, hingga tingkat efektifitasnya menekan kemacetan lalu lintas. Dia memperkirakan, terowongan ini bisa dilalui hingga 30 ribu kendaraan.

"Kemacetan bisa ditekan, LHR-nya (lintas harian rata-rata) ada 30 ribu kendaraan," kata Djokir saat ditemui usai menggelar rapat internal membahas proyek deep tunnel di Kantor Kementerian Pekerjaan Umum, Jalan Raden Fatah, Jakarta Selatan, Senin (4/3/2013).

Dia menambahkan, nantinya jalan yang akan dilalui oleh kendaraan ini akan berkonsep seperti jalan tol. "Motor nggak boleh masuk, jadi nanti jalan tol," katanya.

Djokir menambahkan, panjang dari proyek terowongan ini adalah 23 kilometer, dengan diameter 12 meter. Lebih lanjut dia mengungkapkan, tidak menutup kemungkinan nantinya pihak BUMN atau swasta bisa menjadi operator tol ini.

"Saya belum terpikir sampai situ. Bisa jadi BUMN, swasta atau siapa. Tapi kita belum ke situ," katanya.

Secara terpisah, Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum Muhammad Hasan mengatakan, proyek terowongan raksasa ini akan membentang dari Balai Kambang hingga Pluit.

"Kita mulai dari Balai Kambang terus menuju di bawah rel kereta api ke BKB (Banjir Kanal Barat) dan lewat Pluit situ," pungkas Hasan.

30.000 Mobil Siap Tampung oleh Deep Tunnel Jakarta, Rincian Biaya Proyek Deep Tunnel Jakarta 2013, Ini Dia Rancangan Deep Tunnel Untuk Jakarta. 

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...