Sunday, March 3, 2013

DAFTAR RINCIAN DAN KONSEP PEMBUATAN TEROWONGAN RAKSASA DKI JAKARTA

Jakarta Akan Segera Bangun Terowongan Raksasa Anti BanjirDAFTAR RINCIAN DAN KONSEP PEMBUATAN TEROWONGAN RAKSASA DKI JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum memperkirakan pembangunan terowongan raksasa anti banjir usulan Pemprov DKI Jakarta akan menelan biaya Rp26,5 triliun. "Ini berdasarkan kajian yang dilakukan tim kecil," kata Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum Mohammad Hasan di Jakarta, Senin 4 Maret 2013. Lihat DAFTAR NAMA CALON KETUA PARTAI DEMOKRAT 2013.

Dia mengatakan, setidaknya untuk pembangunan 1 kilometer Multi Purpose Deep Tunnel (MPDT) dengan diameter 12 meter akan menghabiskan dana Rp 1 triliun. Sehingga, untuk panjang 26 km bisa menelan dana sekitar Rp26-26,5 triliun. "Angka ini mengacu pembangunan MPDT Singapura," katanya.

Meski demikian, Hasan menilai masih ada kemungkinan membuat terowongan dengan diameter yang lebih besar dan biaya yang sama. Ini tak lain karena teknologi mesin bor raksasa terus berkembang pesat.

Sedangkan penghitungan total investasi, termasuk biaya perawatan dan keselamatan akan selesai dalam 2-3 bulan lagi.

Selain nilai investasi, tim juga telah menghitung pengurangan wilayah banjir dari pembangunan terowongan yang bisa mengalirkan air 117 meter kubik per detik ini. "Akan mengurangi 4-5 titik banjir di sekitar Kali Ciliwung," katanya.

Jakarta Bangun Terowongan Raksasa 2013, Rincian Biaya Pembangunan Terowongan Raksasa Jakarta, Foto Konsep Pembangunan Terowongan DKI Jakarta 2013. 

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...